You are here: AKOMODASI

Kiat dan Info Penting Sekolah di Newzealand

Baca dulu secara teliti sebelum berangkat agar tidak menyesal di kemudian hari !

AKOMODASI

Cetak PDF
Penilaian User: / 5
TerburukTerbaik 

Kalau rencana untuk sekolah di New Zealand sudah ada, walaupun baru berupa niatan saja, maka pertanyaan tentang akomodasi disini bisa jadi sudah mulai terpikir juga. Apa saja bentuk akomodasi yang tersedia untuk mahasiswa atau pelajar? Bagaimana cara memperoleh akomodasi tersebut? Berapa biayanya?

Akomodasi untuk mahasiswa banyak juga macamnya. Dari yang bentuknya dormitory yang dikelola oleh masing-masing universitas sampai private renting yang harus disewa sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Setiap universitas negeri punya dormitory yang bisa disewa oleh mahasiswa undergraduate (18 tahun ke atas) dan postgraduate yang terdaftar di universitas tersebut. Dormitory, yang sering disebut juga hall of residence atau campus accommodation, biasanya terletak dekat kampus dan fully furnished.

Artinya si mahasiwa tidak perlu membawa tempat tidur, meja belajar dll sendiri. Ada yang sudah termasuk seprei dan sarung bantal, tapi ada yang masih harus membawa seprei dan sarung bantal sendiri.

Enaknya tinggal di tempat seperti ini tidak perlu repot membeli barang, bisa ketemu mahasiswa-mahasiwa lain dari berbagai bangsa dan sekaligus mempraktekan bahasa Inggris setiap hari, dekat kampus dan begitu tiba di airport New Zealand tempat tinggal sudah tersedia (kalau sudah diurus sejak sebelum keberangkatan ke New Zealand). Ada dormitory yang menyediakan makanan ada yang tidak. Untuk jelasnya bisa dibuka website dari masing-masing universitas.

Bagaimana dengan mahasiswa asing yang umurnya belum 18 tahun? Biasanya universitas akan menyarankan mahasiswa tersebut untuk tinggal di homestay/private board. Ini hampir sama dengan kos di Indonesia dimana induk semang menetap di rumah yang sama. Mahasiswa tinggal dengan keluarga di rumah mereka dan dianggap sebagai keluarga.

Akomodasi ini juga cocok untuk mahasiswa yang datang sendiri atau dengan pasangannya (suami/istri) tapi tidak dengan anak. Keuntungan menetap di homestay bisa tinggal dengan keluarga yang bahasa ibunya bahasa Inggris, sehingga bahasa Inggris kita terasah, fully furnished dan biasanya biayanya lebih murah daripada menyewa unit atau rumah. Kebanyakan homestay disertai makan tiga kali sehari selain ada juga yang dengan makan pagi dan malam saja.

Kalau mau tinggal sendiri, atau dengan pasangan dan anak, atau dengan beberapa teman ada alternatif lain. Private renting bisa dilakukan dengan menyewa apartment, unit atau rumah. Apartment, biasanya berlokasi di tengah kota. Jenisnya dari yang studio (tanpa kamar tidur) sampai yang ada beberapa kamar tidur.

Unit biasanya terletak di suburb dan bisa terdiri dari satu sampai tiga kamar tidur. Unit adalah serangkaian rumah (bisa dua atau lebih) yang saling berdempetan. Harga sewa unit biasanya lebih murah daripada harga sewa rumah. Biasanya private renting tidak fully furnished.

Setiap jenis akomodasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang perlu dipertimbangkan diantaranya masalah transportasi dari tempat tinggal ke kampus, situasi pribadi mahasiswa yang bersangkutan (datang sendiri atau dengan pasangan/keluarga), biaya akomodasi, dan apakah dengan menetap di tempat tertentu kita belajar lebih banyak hal-hal lain di luar kehidupan akademis di kampus.

Untuk biaya homestay dan private renting bisa dilihat juga di website masing-masing universitas sebagai panduan atau buka website seperti:

http://www.trademe.co.nz/Trade-me-property/index.htm

Private renting dan homestay juga diiklankan di koran-koran lokal. Saran kami jangan menandatangi surat kontrak sewa atau apapun sebelum melihat sendiri tempat tinggal yang akan disewa. Karena untuk membatalkan kontrak sewa tidaklah mudah.

Ada syarat berapa minggu kita bisa pindah dari satu tempat sewa, yang berarti kita masih harus membayar sewa per minggunya sampai kontraknya selesai.