You are here: IELTS atau TOEFL

Kiat dan Info Penting Sekolah di Newzealand

Baca dulu secara teliti sebelum berangkat agar tidak menyesal di kemudian hari !

IELTS atau TOEFL?

Cetak PDF
Penilaian User: / 13
TerburukTerbaik 

Normal 0

IELTS atau TOEFL sebenarnya sama tapi tak serupa. Mereka sama-sama tes yang dipakai untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris dan dipakai untuk keperluan-keperluan tertentu di negara-negara yang berbahasa Inggris[1]. Tapi mereka tak serupa karena IELTS banyak digunakan di negara-negara yang berafiliasi dengan negaranya Pangeran William di Inggris sana sedangkan TOEFL dipakai di negara-negara yang “dekat” dengan negaranya Barrack Obama, Amerika Serikat.

TOEFL ada tiga macam, yaitu internet-based, computer-based dan paper-based. Di Indonesia TOEFL yang dipakai adalah internet-based dan paper-based. Sedangkan IELTS ada dua macam, academic dan general. Kedua-duanya bisa diambil di Indonesia. Namun untuk keperluan pendaftaran sekolah di New Zealand yang dipakai adalah academic IELTS.

Berikut ini tabel perbandingan skor/nilai antara IELTS dan TOEFL. Dengan tabel ini paling tidak Anda yang pernah mengambil TOEFL misalnya dan tahu skornya dapat memprediksi berapa skor yang akan diperoleh di IELTS. Namun perlu diingat bahwa skor bisa turun, tetap atau naik tergantung apakah bahasa Inggris dipakai atau tidak sejak tes TOEFL sampai kemudian mengikuti IELTS. Oleh karena itu masa berlaku skor TOEFL dan IELTS ada batasnya. Biasanya masa berlakunya 2 tahun.

http://secure.vec.bc.ca/toefl-equivalency-table.cfm

Semoga bermanfaat.

NZ Mutual Business, konsultan pendidikan



[1] Menurut website TOEFL http://www.ets.org/toefl/ibt/about/ hasil TOEFL diterima di 130 negara di dunia. Sedangkan IELTS diterima di 135 negara - baca: http://www.ielts.org/default.aspx